0 item in the bag

No products in the cart.

Ternyata Inilah Trik Mengolah Makanan Beku

Mengolah Makanan Beku

 

Frozen food atau makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan suhu yang dingin atau dibawah titik beku air yang bertujuan mengawetkan makanan.Anda bisa membeli  di toko atau langsung ke produsen frozen food . Makanan beku tersebut  misalnya : Nugget, sosis, ikan , ayam , kentang goreng dan bakso. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli makanan beku. Banyak orang suka dengan makanan beku karena dapat menjadi stok di rumah yang bisa dimasak kapanpun dan praktis . Namun jika mengolahnya tidak benar justru akan membuat makanan beku menjadi tidak lezat . Untuk itulah diperlukan teknik yang benar untuk mengolahnya. Inilah Trik mengolah makanan beku yang bisa kamu coba :

Pakai Bahan Makanan Yang Masih Segar

mengolah makanan beku

Apabila kamu akan membekukan makanan , sebaiknya kamu segera ketika makanan itu masih dalam keadaan yang segar

Bahan makanan yang segera diawetkan dengan metode dibekukan belum lama sesudah dibeli dapat memberiikan kesegaran yang cukup lama daripada makanan sisa.

Sedikit tips dari gigitfood, Jika kamu mengawetkan bahan makanan beku seperti ikan dan daging mentah, pasang label pada kemasan produk makanan beku agar kamu tahu waktu terakhir kali ikan atau daging tersebut masuk ke chiller

Pastikan Batas Ketahanan Suatu Makanan

mengolah makanan beku

Walaupun pengawetan dengan metode pembekuan merupakan salah satu cara yang tepat, kamu harus tetap memantau batas produk makanan beku karena hal ini berpengaruh terhadap kualitas bahan makanan saat disimpan. Tempo waku pengawetan itu bervariasi bergantung terhadap jenis bahan makanan.

Untuk udang , dada ayam matang, iga sapi mentah, daging giling, ikan, roti tawar, pai , es krim misalnya. Kamu dapat menyimpannya sekitar 4-6 bulan sementara makanan lainnnya seperti daging asap mentah bisa disimpan hanya 30 hari.

Daripada itu, daging ayam mentah dan mentega yang sudah terpotong bisa dibekukan sekitar 6-9 bulan, kalkun utuh atau ayam , stik mentah , kukis matang sekitar 12 bulan dan sayuran untuk jangka waktu 8 bulan.

Kamu pun harus pintar menyetel suhu beku yang ada pada freezer. Usahakan menyimpan bahan makanan tepat pada suhu -18 derajat Celcius dan pakailah tempat yang baik supaya tidak rusak akibat suhu ekstrem dalam pendingin.Jagalah selalu kebersihan alat, bahan , dan cara memasak.

Ingat salah satu hal yang paling penting di dalam memasak adalah higienitas.

Kamu pun seharusnya memperhatikan kebersihan perlengkapan yang akan dipakai dalam proses mengolah bahan makanan dan proses memasak macam macam makanan beku

 

Pakailah perlengkapan masak dari bahan yang aman dipakai yakni stainless dan usahakan untuk memakai papan pemotong yang berbeda beda saat akan digunakan pada daging dan sayuran

 

Hal tersebut dikarenakan bisa memicu terjadinya kontaminasi silang bakteri yang ada pada daging ke sayuran kalau bahan bahan itu dipotong pada papan pemotong yang berbeda atau tidak dibersihkan terlebih dahulu.

 

Jangan lupa untuk selalu upayakan lingkungan dapur kamu bersih dan selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh berbagai  bahan makanan.

 

Beri Label dan Kemaslah makanan dengan baik dan menarik

mengolah makanan beku

Untuk membungkus suatu produk makanan beku, seharusnya Kamu menggunakan tempat yang memiliki kualitas standar yakni food grade.

Kamu juga dapat menuliskan tanggal kadaluwarsa pada label dan jangan lupa  menggunakan kantong plastic yang aman untuk makanan.

Hal Tersebut bisa membuat kamu menghindar dari terbuangnya aneka makanan beku juga mengingatkan tempo waktu penyimpanan bahan makanan yang dapat berbeda-beda, dan juga memberi tahu informasi waktu yang tepat bahan tersebut diolah.

Itulah beberapa tips mengolah makanan beku dan selamat mencoba.

WhatsApp chat